Tugas UAS Pem. ICT ORIENTASI PRODI S1 PGMI DI INDONESIA



ORIENTASI PRODI S1 PGMI DI INDONESIA
Penulis: Ika Agustin Adityawati

A.     KURIKULUM PRODI S1 PGMI DI INDONESIA
Dalam kehidupan suatu negara, pendidikan memegang peranan yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Menurut Mulyasa, masyarakat Indonesia dengan laju pembangunannya masih menghadapi masalah pendidikan yang berat, terutama berkaitan dengan kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan.
Begitu juga dengan sejumlah persoalan lain yang dihadapi pendidikan menimbulkan pertanyaan bagi berbagai pihak, baik dikalangan masyarakat umum maupun dikalangan ahli pendidikan dan guru ”apa yang salah dengan pendidikan nasional sehingga belum berhasil mengembangkan manusia Indonesia seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional”.

E-Book

hasil karya E-Book.....

E-Book

Movie Maker tentang Olimpiade PGMI dalam rangka diesnatalis yang ke V Jurusan PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan tahun 2013

Hasil Karya Movie Maker tentang Olimpiade PGMI dalam rangka diesnatalis yang ke V Jurusan PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan tahun 2013

Olimpiade PGMI ke V tahun 2013

Teori-teori Dalam Bimbingan Konseling



BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Bimbingan konseling adalah suatu hal yang sangat erat hubungannya dengan pendidikan. Pendidikan yang merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka merubah individu menjadi ke arah yang lebih baik, yang semula tidak tahu menjadi tahu dan yang awalnya tidak bisa menjadi bisa, upaya ini pada akhirnya akan membentuk individu yang mandiri.

Pendekatan Pengembangan Kurikulum



PENDEKATAN PENGEMBANGAN KURIKULUM
A.    Pendahuluan
Telah banyak buku yang dibaca oleh penulis, dalam hal ini akan di elaborasikan secara komprehensif bagaimana model pendekatan kurikulum yang ada pada saat ini.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan yang mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara-cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Sedangkan pengembangan kurikulum merupakan bagian yang esensial dalam proses pendidikan. Sasaran yang dicapai bukan semata-mata memproduksi bahan pelajaran melainkan lebih dititik beratkan untuk meningkatkkan kualitas pendidikan. Pengembangan kurikulum merupakan proses faktor yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan kurikulum. Karena pengembangan kurikulum merupakan alat untuk membantu guru dalam melakukan tugasnya mengajarkan bahan, menarik minat dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pendidikan Islam pada Masa Walisongo



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Agama islam masuk di Indonesia sekitar abad XIV. Penyebaran agama Islam di Indonesia di lakukan oleh para mubaligh dari Negeri India, dll. Mereka membawa Islam ke Indonesia melalui jalur perdagangan. Awalnya Islam masuk melalui Aceh dan dengan bantuan tokoh kerajaan di sana. Lambat laun, Islam mulai berkembang di tanah Jawa. Namun, sambutan masyarakat tidak mudah menerima agama baru di tempatnya. Mereka masih banyak yang memeluk agama lama yaitu Hindu, Budha maupun menyembah selain Allah. Hal ini juga disebabkan oleh Raja di wilayah Jawa masih banyak yang memeluk agama Hindu atau Budha

Resensi Buku Dinamika Kelompok



Identitas Buku
Judul Buku               : Dinamika Kelompok
Pengarang                : Drs. Slamet Santosa, M.Pd
Penerbit                    : Bumi Aksara
Tempat terbit            : Jakarta
Tahun terbit              : Agustus 2004
Tebal buku               : vi 96 hlm ; 21 cm

Dinamika kelompok erat kaitannya dengan psikologi sosial. Sementara itu obyek studi psikologi sosial mempelajari tingkah laku individu dalam hubungan dengan situasi sosial. Siuasi sosial selalu berkaitan dengan kelompok dan tingkah laku individu sangat dipengaruhi oleh kelompok.

Resensi Buku Dari KBK Sampai MBS



Identitas Buku
Judul Buku               : Dari KBK sampai MBS
Pengarang                : J. Drost, SJ
Penerbit                    : Buku Kompas
Tempat terbit            : Jakarta
Tahun terbit              : November 2006
Tebal buku               :xxii + 130 hal; 14 cm x 21 cm

Buku ini adalah kumpulan dari essay J. Drost, SJ yang di tulis pada harian kompas. J. Drost, SJ menuangkan segenap pemikiran dan pandangannya tentang dunia pendidikan dengan sangat kritis. Mulai dari kurikulum, cara mendidik dan mengajar, bahan ajar sampai pada peran orang tua dalam proses pendidikan anaknya. Sungguh realitas yang sangata mencengangkan ketika membaca buku ini. Analisis-analisis yang dituangkan J. Drost, SJ sungguh sangat tajam, J. Drost, SJ menuangkan dari sesuatu yang tampak menjadi realitas yang terjadi dewasa ini.