Tugas UAS Pem. ICT ORIENTASI PRODI S1 PGMI DI INDONESIA



ORIENTASI PRODI S1 PGMI DI INDONESIA
Penulis: Ika Agustin Adityawati

A.     KURIKULUM PRODI S1 PGMI DI INDONESIA
Dalam kehidupan suatu negara, pendidikan memegang peranan yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa, karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Menurut Mulyasa, masyarakat Indonesia dengan laju pembangunannya masih menghadapi masalah pendidikan yang berat, terutama berkaitan dengan kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan.
Begitu juga dengan sejumlah persoalan lain yang dihadapi pendidikan menimbulkan pertanyaan bagi berbagai pihak, baik dikalangan masyarakat umum maupun dikalangan ahli pendidikan dan guru ”apa yang salah dengan pendidikan nasional sehingga belum berhasil mengembangkan manusia Indonesia seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional”.

Pasal 31 ayat 2 Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan agar pemerintah menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional. Ketentuan ini berkaitan dengan cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan kesejahteraan umum, dan dapat diperolehnya pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan. Enam puluh dua tahun telah berlalu, sejak pemerintah memiliki kesempatan untuk mengatur pendidikan nasional bagi seluruh tanah air Indonesia, tetapi manusia Indonesia yang diharapkan lahir dan mampu mendorong tegak serta jayanya Negara Kesatuan Republik Indonesia belum berhasil diwujudkan, bahkan yang terjadi justru sebaliknya adalah munculnya berbagai ekses dan gejala disintegrasi bangsa dengan reformasi yang kebablasan.
Ketertinggalan kita sebagai bangsa Indonesia dalam menyiapkan mutu lulusan pendidikan pada berbagai tingkatan, selain disebabkan oleh belum adanya pembenahan total sistem pendidikan dan persekolahan kita selama ini, juga tidak dapat dilepaskan begitu saja dari adanya pengaruh warisan mental sistem pendidikan yang telah dilaksanakan pada masa kolonial penjajahan di negeri ini.
Meskipun demikian, hal ini bukan berarti bahwa kita tidak dapat bangkit untuk membenahi sistem pendidikan persekolahan kita hari ini. Bagi kita, ada sejumlah agenda pendidikan yang perlu dibenahi dalam usaha untuk memberikan pendidikan bagi mahasiswa khususnya melalui program PGMI ini, antara lain, yaitu:
1.      Lamanya Waktu Pendidikan, meliputi kuota semester yang memiliki durasi yang cukup banyak pada setiap semester, waktu tempuh pendidikan pada setiap jenjang yang relatif lama, kurikulum yang banyak, pelayanan pendidikan yang bertele-tele dan memakan waktu yang panjang, manajemen yang tidak customer focused, birokrasi yang tumpang tindih, dan sistem pembiayaan yang kurang memadai bagi peningkatan kualitas pelayanan pendidikan kepada peserta didik (mahasiswa).
2.      Mendesain pendidikan program PGMI agar mampu memberikan karakteristik ideal yang menjanjikan, dengan upaya membekali mahasiswa program PGMI dengan sejumlah kompetensi melalui tawaran kurikulum dan kemampuan berkompetisi, selain membekali content teoretis juga profesional empiris sesuai dengan kebutuhan.[1]

1.      Prospek Lulusan Prodi S1 PGMI di Indonesia
Bertujuan tenaga guru Madrasah Ibtidaiyah ( MI) dan Guru Agama di Sekolah Dasar ( SD ) yang professional dan berkualitas integral. Berorientasi pada keimanan, keislaman dan amal sholeh. Prospek lulusan sangat baik, sejalan dengan PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yang mengamanatkan bahwa guru MI/ SD harus berpendidikan S1 yang sesuai dengan bidang tugas yang akan dijalani sebagai guru MI/ SD.[2]
2.      Analisis SWOT atas Prodi S1 PGMI di Indonesia
Setiap penyelenggaraan lembaga pendidikan senantiasa mempertimbangan aspek link and match. Artinya lembaga pendidikan dalam membuka dan menyelenggarakan program pendidikannya itu harus senantiasa menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat akan tenaga terdidik. Demikian juga dengan penyelenggaraan Program Studi PGMI. Jika dilihat secara makro, rasio antara jumlah peserta didik di Indonesia dengan ketersediaan tenaga pendidiknya belumlah berimbang. Jumlah siswa yang banyak menuntut ketersediaan guru yang banyak pula. Terlebih lagi dengan menjamurnya lembaga-lembaga pendidikan dasar keislaman yang dikelola oleh masyarakat. Gejala tentang kurangnya tenaga pendidik itu juga dirasakan di jenjang Madrasah Ibtidaiyah.
Realitas  di atas dapat dimaknai sebagai peluang yang harus ditangkap oleh STAIN Salatiga, terlebih bagi Program Studi PGMI Prodi PGMI bersiap menjadi salah satu lembaga pendidikan tinggi yang mencetak calon-calon tenaga pendidik yang siap pakai dan memiliki kapasitas dan religiusitas yang memadai.
Akan tetapi di setiap peluang yang ada banyak pula tantangan yang harus dihadapi. PGMI telah memiliki sekian sarana prasarana pendukung untuk mencetak guru MI unggulan. Meskipun harus diakui, masih dibutuhkan lagi tenaga-tenaga pengajar maupun laboran terlatih  bagi mahasiswa ini agar mereka berkembang seperti yang diharapkan. Akan tetapi diharapkan dengan kerjasama yang solid dan program yang tertata  rapi, maka tantangan yang ada  justru akan makin menguatkan spirit semua pihak untuk melangkah bersama menuju PGMI masa depan seperti yang diharapkan.
Program Studi PGMI harus melakukan berbagai program kerja untuk menggapai tujuan yang diharapkan. Program kerja terdiri atas dua hal, yang pertama bersifat rutin sebagai bagian dari kerja pengelolaan kelembagaan dan yang kedua berupa program kerja penguatan lembaga. Program kerja rutin adalah program kerja yang dilakukan meliputi tugas-tugas khas lembaga, seperti rapat rutin pengelola harian, masalah kerja akademik seperti mengadakan sosialisasi program studi, perekrutan mahasiswa, pelaksanaan tes penerimaan mahasiswa baru, orientasi pengenalan kampus, penyusunan jadwal, mengadakan ujian, pelaksanaan munaqosah, wisuda, pemantauan kerja harian, dan tak lupa mengadakan praktikum-praktikum pengayaan berbagai keilmuan untuk mahasiswa. Adapun program kerja yang berupa penguatan lembaga dilakukan dengan mengejar target.[3]

3.      Dilema Prodi S1 PGMI di Indonesia
Perkembangan IPTEK yang cepat, menurut setiap guru dihadapkan pada penguasaan hal-hal baru berkaitan dengan materi pembelajaran atau pendukung pelaksanaan pembelajaran seperti penggunaan internet untuk pembelajaran, program multimedia, dan lain sebagainya.
Diberlakukannya pasar bebas melalui NAFTA mengindikasikan bahwa setiap lulusan pendidikan di Indonesia akan dipersaingkan dengan lulusan dari sekolah-sekolah yang berada di Asia. Kondisi ini semakin memaksa guru untuk segera dan dengan cepat menghasilkan lulusan yang kompeten.
Kebijakan otonomi daerah telah memberikan perubahan yang mendasar terhadap berbagai sektor pemerintahan, termasuk dalam pendidikan. Pengelolaan pendidikan secara terdesentralisasi akan semakin mendekatkan pendidikan kepada stakeholders pendidikan di daerah dan karena itu maka guru semakin dituntut untuk menjabarkan keinginan dan kebutuhan-kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan melalui kompetensi yang dimilikinya.[4]
Banyak usaha yang dilakukan oleh para ilmuan dan ulama karena memperhatikan pelaksanaan pendidikan agama di lembaga-lembaga pendidikan formal kita, misalnya dalam forum-forum seminar serta berbagai forum pertemuan ilmiah lainnya. Para ilmuan dan ulama serta teknokrat sepakat bahwa pendidikan agama di tanah air kita harus di sukseskan semaksimal mungkin sejalan dengan lajunya pembangunan nasional.
Namun, dalam pelaksanaan program pedidikan agama di berbagai sekolah di indonesia, belum berjalan seperti yang di harapkan, karena berbagai kendala dalam bidang kemampuan pelaksanaan metode, sarana fisik dan non fisik, di samping suasana lingkungan pendidikan yang kurang menunjang kurang menunjang suksesnya pendidikan mental-spiritual dan moral.[5]
Sejarah PGMI tidak bisa lepas dari pendidikan di Indonesia. Pendidikan disemua negara selalu menjadi dalam segala aspek yang mempengaruhi kemajuan dari sebuah bangsa. Untuk mewujudkan universalitas pengembangan pola pembelajaran agama yang humanis, maka diperlukan usaha yang menjadikan pendidikan beorientasi pada tujuan utamanya yaitu mencapai tiga aspek pengetahuan yaitu: kognitif, afektif, psikomotor, karena alasan tersebut prodi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah diperlukan.
Sebagaimana dalam ayat Al – Qur’an
Ÿwur (#qãZÎgs? Ÿwur (#qçRtøtrB ãNçFRr&ur tböqn=ôãF{$# bÎ) OçGYä. tûüÏZÏB÷sB ÇÊÌÒÈ  
Artinya: janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, Padahal kamulah orang-orang yang paling Tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman (Q.S Ali Imron: 139).[6]

4.      Tantangan Kurikulum Prodi S1 PGMI
Dunia yang memasuki era global, ditandai dengan hilangnya batas-batas antar negara-negara yang memungkinkan segala informasi dari semua negara baik yang sesuai dengan ideology negara Indonesia maupun tidak, semua dapat masuk tanpa filter, maka banyak tantangan yang menghadang di depannya.
Penulis dapat merumuskan tantangan pendidikan di era globalisasi ini berdasarkan data-data yang ada diantaranya adalah: (1), manusia dihadapkan pada persaingan di segala bidang yang amat tinggi. (2), kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menggeser nilai-nilai lama, maka timbul berbagai faham dan ideologi baru. (3), terjadi eksploitasi besar-besaran terhadap sumber daya alam, akibatnya banyak bencana alam yang sangat mengancam kelangsungan kehidupan manusia dan anak cucunya kelak. (4), karena manusia yang cenderung hedonis, maka marak terjadi pelanggaran serta kenakalan remaja apalagi orang tua, dari pergaulan bebas, minuman keras, mengkosumsi narkoba, pelecehan seksual dan lain-lain. (5) banyak orang yang lari dari kenyataan akibat kalah dari persaingan, banyak yang mempercayai hal-hal mistis yang irrasional.
Selanjutnya tantangan-tantangan di atas dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok tantangan pendidikan di era global yaitu tantangan dampak negatif dari era globalisasi dan tantangan kesiapan persaingan dalam dunia global. Dampak negatif era globalisasi bagi bangsa Indonesia sebetulnya menambah beban yang cukup berat karena bangsa ini telah lama mengidap permasalahan besar yang sampai kini belum kunjung pulih, bahkan semakin parah.
Negara kita yang masih belum kokoh berdiri, baru hampir 65 tahun merdeka yang sedang merangkak dalam pembangunan, mau tidak mau harus siap memasuki dunia global. Permasalahan besar yang telah lama menjangkit di negara kita antara lain disintegrasi bangsa, tawuran antar suku dan kelompok, pemberontakan, kemiskinan, kebodohan, pengangguran yang berpotensi pada kejahatan ditambah adanya krisis moneter tahun 1997 yang sampai kini berkepanjangan. Kondisi demikian memiliki implikasi menurunnya mutu kehidupan masyarakat Indonesia secara umum.
Tantangan era globalisasi terhadap pendidikan di antaranya, krisis moral. Melalui tayangan acara-acara di media elektronik dan media massa lainnya, yang menyuguhkan pergaulan bebas, sex bebas, konsumsi alkohol dan narkotika, perselingkuhan, pornografi, kekerasan, liar dan lain-lain.[7]

B.     KUALITAS YANG DIHARAPKAN DARI PRODI S1 PGMI DI INDONESIA
1.      Kompetensi Lulusan Prodi S1 PGMI di Indonesia
a.       Mampu menciptakan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan (PAKEM = Pembelajaran Aktif Kreatif, Efektif dan Menyenangkan)
b.      Mampu memahami sikap dan perilaku peserta didik secara komprehensif
c.       Mampu menyampaikan materi dengan mudah difahami oleh peserta didik
d.      Mampu berkomunikasi dengan baik dengan peserta didik, sesama guru, dengan staf, dengan atasan dan dengan orang tua maupun masyarakat.
e.       Mampu menguasai materi kurikulum MI/SD dengan baik.
f.        Memiliki keterampilan di MI dan SD (Olahraga, Seni, menulis, kreatif, cerdas, kesehatan anak dan pramuka)
g.      Mampu memahami dan menguasai tentang: Pancasila, UUD 45, adat istiadat, kebangsaan, kemajemukan, pembangunan daerah dan nasional, Gender, Narkoba, Korupsi dan KKN
h.      Mampu mengajak anak melakukan praktek Ibadah yang baik dan benar
i.        Mampu menciptakan kesempatan kepada anak belajar sambil bermain, di luar ruangan kelas atau di tempat sumber belajar lain
j.        Mampu mengelola kelas (menciptakan Iklim belajar dan budaya belajar)
k.      Mampu menerapkan sopan santun dalam perilaku dan berpakaian (akhlaq)
l.        Mampu menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang variatif dan mutakhir
m.    Mampu mendesain dan mengembangkan sumber-sumber belajar
n.      Mampu mengembangkan dan melakukan evaluasi yang variatif: formatif, sumatif, komprehensif, alternatif, portofolio dll.
o.      Mampu berbahasa Arab, Inggris dan Mandarin/Jepang untuk tingkat MI/SD.[8]

2.      Standar Sarjana PGMI di UIN atau IAIN
Standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
Berangkat dari profil sarjana yang diharapkan di atas, maka kompetensi lulusan Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dikelompokkan dalam kompetensi dasar, kompetensi utama, dan kompetensi tambahan.[9]
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kurikulum S1 PGMI Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang dikembangkan Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah. Jika disesuaikan dengan visi Prodi PGMI yang ingin menjadi prodi yang memimpin dalam pengembangan pendidikan dan melatih guru Madrasah Ibtidaiyah yang profesional dan bermutu, menurut analisa penulis sudah cukup sesuai karena disamping setiap mata kuliah yang disebarkan pada setiap semester sebagaimana yang terstruktur dalam kurikulum S1 PGMI yang memenuhi kebutuhan mahasiswa sebagai calon guru MI juga telah dipilah-pilah dan disesuaikan dengan karakter setiap mata kuliah dan standar kompetensi guru seperti kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan professional. Kesesuaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK dan KD) dengan Visi Prodi PGMI tersebut juga tercermin dari kelengkapan bahan perkuliahan dan media pembelajaran yang cukup memadai bagi mahasiswa PGMI sebagai calon guru MI, sehingga standar kompetensi dan kompetensi dasar yang dikembangkan menjadi aplikatif dan bukan pada tataran teoritis.
Pencapaian kurikulum S1 PGMI Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya dalam menyiapkan mahasiswanya menjadi guru MI yang memiliki standar kompetensi ideal. Untuk menganalisa ketercapaian kurikulum S1 PGMI dalam menyiapkan mahasiswanya menjadi calon guru MI yang memiliki stándar kompetensi sesuai Permendiknas nomor 16 tahun 2007.
Semester VI dipilih penulis untuk diteliti secara keseluruhan karena mahasiswa semester VI sudah memperoleh keseluruhan mata kuliah teori dan praktik kecuali mata kuliah konsentrasi, KKN dan PPL 2. Ketercapaian mahasiswa dalam kompetensi pedagogik ini juga didukung oleh pendapat beberapa dosen pengampu mata kuliah, diantaranya; Ibu Dra. Mukhlisah, M. Pd. pengampu mata kuliah Pengelolaan Kelas yang menjelaskan bahwa secara umum mahasiswa PGMI sudah memiliki kemampuan secara teori dalam mengelola proses pembelajaran. Ibu Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M. Ag, dosen pengampu mata kuliah Microteaching dan Teknologi dan Media Pembelajaran juga sependapat dengan pendapat bu Lisa bahwa kemampuan pedagogik mahasiswa PGMI dalam penyususunan RPP, pembuatan dan penggunaan media, penyususnan butir dan skor evaluasi serta ketika praktik mengajar di depan kelas sudah baik. Penulis juga sependapat dengan kedua dosen diatas karena penulis juga pernah mengampu dua mata kuliah sekaligus yang berhubungan dengan teori dan skill mahasiswa yaitu mata kuliah Pembelajaran Bahasa Arab MI pada saat mereka duduk di semester IV dan mata kuliah Teknologi dan Informatika yang secara umum kemampuan pedagogik mereka sudah memenuhi standar kompetensi pedagogik sebagai guru MI yang dibuktikan dengan kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
Jika penulis mencermati dari sisi standar kompetensi kepribadian sesuai Permendiknas nomor 16 tahun 2007, disana terdapat beberapa kompetensi guru MI yang berhubungan dengan sikap dan attitute sebagai seorang guru sedangkan dalam penelitian ini penulis mencoba untuk mencermati secara dini tentang sikap dan attitute mahasiswa PGMI sebagai calon guru Madrasah Ibtidaiyah yang harus memliki sikap dan kepribadian seperti itu.[10]



[5] Lihat: http://asharikeren.wordpress.com/ (24 Juni 2013)

0 comments:



Post a Comment